Memang tidak ada habisnya jika membahas tentang fan belt. Apabila terjadi kerusakan pada bagian fan belt maka dapat berpengaruh pada komponen lain. Masalah tersebut umumnya fan belt retak atau telah putus secara nebdadak sehingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan pada kendaraan. Sehingga sangat disarankan untuk merawat fan belt pada mobil.

Berbeda dengan mesin diesel, fungsi fan belt adalah untuk menggerakkan pompa vakum sehingga dapat menghasilkan kevakuman. Bahkan pada beberapa kendaraan bertugas menggerakkan komponen yang cukup banyak hanya dengan menggunakan satu fan belt saja. Apabila saat perjalanan bagian ini putus, maka dapat beresiko mogok di jalan.

Terdapat beberapa cara untuk menghindari fan belt putus di jalan dan bisa dijadikan gejala awal sebelum kerusakan parah terjadi. Jadi ketika muncul bunyi aneh yang berasal dari ruang mesin atau saat lampu indikator aki menyala sebaiknya melakukan pemeriksaan dengan segera, jangan menunggu sampai terjadi masalah. Ketika fan belt bermasalah atau rusak bisa menyebabkan kerusakan yang terjadi pada komponen mesin menjadi lebih parah apabila tidak segera ada penanganan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat fan belt pada mobil.

1. Memeriksa Fan Belt Pada Kendaraan
Dalam pemeriksaannya dilakakukan untuk mengetahui dengan cepat saat mengalami keausan, getas dan juga kurang lentur. Pada umumnya pemeriksaan bagian tersebut dilakukan saat melakukan servis secara rutin di bengkel resmi. Biasanya akan disarankan mengganti fan belt ketika telah retak, tipis dan juga sudah tidak lentur.

2. Melakukan Penyetelan Fan Belt Apabila Telah Kendor
Apabila fan belt dalam kondisi kendor maka putaran yang didistribusikan akan kurang maksimal dan beresiko terjadi slip. Jika mengalaminya maka semua komponen otomatis tidak akan bekerja dengan baik.

3. Hindari Pemberian Grease Secara Berlebihan
Jadi ketika fan belt bekerja dan muncul suara berisik kadangpihak pemilik memberika grease yang dioleskan. Hal tersebut boleh saja, hanya saja untuk pemberian jangan terlalu banyak karena bisa membuat fan belt saat bekerja jadi slip. Begitu juga saat slip yang berlebihan, akibat yang dihasilkan adalah fan belt putus.

Dari Penjelasan yang sudah kami jelaskan bahwa perawatan V-Belt dan Pulley cukup mudah jika dilakukan dengan benar jika di tambah dengan memberikan perhatian baik dari segi perawatan maupun pelumasan. dan kami juga memberikan salah satu toko terbaik di jakarta jika terjadi masalah terhadap V-Belt dan Pulley mobil anda atau mesin industri.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]