Fungsi Circuit Breaker Pada Panel Listrik! Sudah Tau?! - Anugerah Jaya Bearing

Fungsi Circuit Breaker Pada Panel Listrik! Sudah Tau?!

May 10, 2019 in Circuit Breaker, News, Spare Parts

Panel merupakan susunan dari beberapa bidang yang menjadi satu kesatuan bentuk dan fungsi tertentu. Panel listrik atau Electrical Switchboard adalah tempat yang digunakan sebagai pengaturan pembagi dan pemutus aliran listrik. Panel listrik ini sendiri tersusun dari beberapa komponen listrik pada suatu papan control, sehingga saling berkaitan dan membentuk fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

INSTALASI PANEL LISTRIK

Untuk mendapatkan instalasi listrik dilengkapi dengan panel listrik yang baik, dibutuhkan suatu perencanaan dalam cara membuat panel listrik yang tepat dan akurat. Hal ini dilakukan untuk kebutuhan daya listrik, mulai dari jenis dan ukuran kabel, besar kecilnya pengaman yang dibutuhkan, besaran hubungan pendek yang mungkin terjadi, serta penurunan tegangan, dan lain sebagainya. Di dalam panel listrik itu sendiri ada bagian atau komponen yang dinamakan MCB dan MCCB. Keduanya adalah perangkat yang berfungsi sebagai circuit breaker dalam panel listrik. Berikut adalah pengertian dua bagian dari panel listrik tersebut.

Related image

MCB LISTRIK
MCB adalah singkatan dari Mini Circuit Breaker berfungsi sebagai alat pengaman kelebihan arus. Cara kerja MCB adalah memproteksi arus lebih yang disebabkan oleh terjadinya beban dan arus yang lebih karena adanya hubungan pendek / korsleting. Prinsip kerjanya yaitu penggunaan electromagnet untuk melakukan pemutusan hubungan yang disebabkan oleh kelebihan beban dengan relai arus lebih. Bila electromagnet yang dihasilkan dari dua keping logam yang disatukan atau lebih dikenal dengan bimetal bekerja, maka akan memutus kontak yang terletak pada pemadam busur dan kemudian bekerja membuka saklar. MCB yang digunakan di rumah-rumah diutamakan untuk memproteksi instalasi dari hubungan arus pendek, sehingga pemakaiannya lebih diutamakan untuk mengamankan instalasi atau konduktornya. Sedangkan MCB pada APP diutamakan sebagai pembawa arus dengan karakteristik CL (current limiter) disamping itu juga sebagai gawai pengaman arus hubung pendek yang bekerja dengan seketika.

MCCB
MCCB adalah singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker. Fungsi MCCB hampir sama dengan MCB yaitu sebagai pengaman kelebihan arus dengan prinsip pemutus sirkuit pada tegangan menengah. Jadi intinya, arus yang ditangani MCCB ini lebih besar dibanding MCB.

Dalam hal memilih jenis circuit breaker tersebut, hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah :
– Karakteristik sistem dimana circuit breaker tersebut dipasang.
– Kebutuhan akan kontinuitas pelayanan sumber daya listrik.
– Aturan-aturan dan standar pengamanan / proteksi yang berlaku.

Dengan mengetahui beberapa hal yang dipertimbangkan dalam memilih circuit breaker tersebut, menjadikan kita mampu mengenali fungsinya bagi pengamanan instalasi listrik melalui panel listrik yang terpadu.

Kami anugerah jaya bearing distributor MCB, Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]
  • About The Author: Anugerah Jaya Bearing

    Distributor Bearing Terbaik dan Terpercaya – ASB, NTN, Koyo, FAG, Roller Chain

    More posts by

WhatsApp chat