Mobil matic memang sangat praktis dan mudah digunakan, tak heran jika mobil ini menjadi rekomendasi mobil untuk pemula dan wanita karena terasa nyaman dan aman ketika dikendarai. Namun sayangnya mobil matic seringkali rusak, terutama pada bagian sistem transmisinya. Gejala kerusakan transmisi matic ini disebabkan oleh beberapa faktor, sekitar 85% faktor penyebab dapat diakibatkan karena lalai ketika mengganti oli transmisi, faktor 10% disebabkan karena kekeliruan dalam pengoperasian dan 5% disebabkan karena usia penggunaannya. Sistem transmisi matic yang macet maupun rusak tentu saja akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara.

Image result for cara memperbaiki transmisi mobil matic

Lalu bagaimana cara memperbaiki transmisi matic yang macet dan rusak tersebut? Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

1. Pertama kali anda bisa melakukan reset pada bagian ECU

2. Jika proses diatas tidak berhasil memperbaiki masalah transmisi matic, maka anda dapat mulai membersihkan pada bagian body valve kendaraan dan dilanjutkan dengan melakukan penggantian oli untuk mobil matic.

3. Gunakan jenis oli yang berkualitas dan direkomendasikan sesuai dengan spesifikasi mobil anda.

4. Namun jika tahapan diatas tidak juga memberikan hasil pada sistem transmisi mobil matic anda, maka anda bisa mencoba untuk menguras oli transmisi mobil matic anda.

5. Lakukan pembersihan sehingga kotoran-kotoran yang mengendap di dalam sistem transmisi dapat terangkat sempurna.

6. Dalam menguras oli matic, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena menguras oli matic tidak boleh dikerjakan secara secara sembarangan, butuh tenaga ahli yang memang sudah profesional menanganinya.

7. Saat melakukan pengurasan, sekurang-kurangnya anda menggunakan oli sebanyak 8 liter. Pada umumnya jika hanya mengubah oli dibutuhkan sekitar 4 liter. dan Jangan lupa pula melakukan pembersihan pada komponen transmisi otomatis sehingga kotoran yang menyumbat dapat bersih terangkat.

Jika langkah -langkah tersebut sudah anda alkukan namun tidak membuat sistem transmisi matic anda membaik, maka cara memperbaiki transmisi matic lainnya yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pembongkaran. Transmisi matic perlu untuk dilakukan overhaul, sehingga semua komponen-komponen di dalamnya dapat terdeteksi dan ditemukan penyebab kerusakan.

Tak hanya memperbaikinya saja, sebagai pemilik mobil penting untuk mengetahui cara merawat mobil matic baru anda agar terhindar dari kerusakan-kerusakan yang menyebabkan gangguan pada sistem transmisi matic. Untuk melakukan perawatan pada sistem transmisi mobil matic sebenarnya sangat mudah, anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Jangan lupa untuk selalu mendengarkan, jika terdapat bunyi-bunyi aneh pada mobil anda maka cobalah untuk memeriksanya dengan teliti. Suara mobil yang berbeda dari normalnya dapat menandakan jika terjadi kerusakan pada mobil matic anda, misalnya saja seperti bunyi suara benda yang beradu, dan lainnya.

2. Jika perlu anda bisa melakukan service rutin dan berkala di bengkel-bengkel mobil yang terpercaya sehingga semua kondisi mobil anda dapat diketahui dengan baik. Hal ini akan meminimalkan jika terjadi kerusakan di kemudian harinya.

3. Lakukan pemeriksaan dan penggantian oli transmisi secara rutin. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebanyakan kerusakan transmisi matic disebabkan karena kondisi oli mobil maticnya. Kondisi oli mobil yang sudah harus diganti adalah jika oli sudah berwarna kecoklatan dan terdapat serbuk besi halus di dalamnya. Jangan lupa pula untuk melakukan pemeriksaan apakah terdapat rembesan pada oli atau tidak.

Nah itu tadi beberapa cara memperbaiki transmisi matic yang mengalami rusak ataupun macet. Sistem transmisi yang mengalami masalah tentu saja akan mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Untuk itu jangan pernah menyepelekan kerusakan pada sistem transmisis matic dan selalu lakukan perawatan secara rutin dan berkala. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]