Bearing atau sering disebut laher, merupakan salah satu spareparts motor yang gunanya untuk menghubungkan antara dua bagian part dalam pergerakan linear ataupun perputaran, dan sehingga kedua komponen tersebut dapat bergerak dengan gaya gesek minimal. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi sekarang mulai banyak beredar di apasaran bearing kompetisi atau disebut juga bearing racing, tentu saja dari segi kualitas berbeda bearing dengan merk yang terkenal berbeda dengan bearing atau laher standar bawaan motor.

Jika bearing jenis standar motor jarak antara inner ring dengan outer ring-nya yang rapat sehingga membuat kinerja perputaran atau gesekan terlalu banyak, akan tetapi jika laher racing justru sebaliknya, dan disitulah keunggulan dari bearing racing motor. Jika anda berniat untuk mengganti part tersebut pada motor standar, memang sah-sah saja tetapi harus mengetahui bahwa bearing mesin yang digunakan di motor-motor sekarang sudah memakai bearing berkode C3, maka jika masih bersikeras untuk tetap mengaplikasikan bearing racing carilah kode bearing di atasnya, yaitu C4 atau C5. Dalam memodifikasi mesin motor, komponen seperti bearing juga sangat penting untuk diganti, untuk anda yang ingin memodifikasi mesin, henndakanya juga harus memahami ilmu dasar mengenai bearing.

1. Bearing Racing FAG
Bearing pada kruk-as dengan kode 6205TB, P63 high series yang langsung diimpor dari negara pesepak bola Cristiano Ronaldo yaitu Portugal, dan biasanya bearing tersebut di banderol dengan harga yang cukup mahal berkisar Rp 340 ribu/piece.

2. Bearing Racing SKF
Jenis bearing satu ini yang memiliki nama panjang Svenska Kugelahaar Fabricen yang berasal dari negeri Swedia, tetapi sudah dimanufacturing di Indonesia, bearing racing merk SKF ini sangat tangguh untuk dipakai segala karakter mesin motor balap, apalagi seri bearingnya C4 yang mengandung material keramik, yang berguna memimimalisasi gesekan.

3. Bearing Racing KOYO
Jenis bearing produk ungulan asal Jepang ini diproduksi bearing byang ernama Koyo Seiko, Jepang yang memang salah satu spesialis di bidang bearing, lantaran telah menjadi partner kerja dari PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), maka part ini menempel pada semua komponen bearing motor keluaran Yamaha.

4. Bearing Racing TDR
Bearing hasil riset TDR Thailand yang satu ini bisa dengan mudah diperoleh, karena dipasaran sudah banyak bereda di toko spareparts umum, serta harga laher TDR ini terbilang cukup murah dan bisa menebus bearing merk TDR ini dengan harga berkisar Rp 80 ribu/pcs untuk seri 6025.

Keungulannya adalah material khusus dan sealed ball bearing menggunakan material teflon yang kuat menjadikan bearing TDR mempunyai umur pakai lebih lama jika dibandingkan bearing standard. Dan ditambah lagi adanya grease yang tentunya berkualitas dan membuat umur bearing jadi lebih tahan lama. TDR bearing yang memiliki Standar C4 untuk High RPM, bearing yang di develop ini yang dipersiapkan untuk kondisi pemakaian serta tujuan yang berbeda dari bearing pada umumnya.

5. Bearing Racing FAITO
Produsen Faito meluncurkan bearing dari mulai satuan hingga satu set, seperti laher kruk as, camshaft dan bearing crankcase dengan tipe dan jenisnya pun terbagi dalam 2 pilihan yaitu dengan tipe Lite Tech tipe C3 dengan memakai material teflon untuk motor korek harian, serta bearing S720 atau kualitas highspeed berbahan special composite pada putaran lebih tinggi serta tahan panas.

Bearing S720 kualitasnya sangat mumpuni untuk mengimbangi motor mesin balap, mulai dari kecepatan putaran mesin serta ketahanan dan mampu menghadapi suhu mesin yang panasnya sangat ekstrim, cocok untuk mengimbangi korekan roadrace yang mesinnya sangat panas.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: anugera[email protected]