Meski berbentuk lingkaran yang berbahan karet, tapi drive belt ini adalah nyawa bagi mobil Anda. Tanpa komponen yang satu ini, mustahil suatu mobil bisa bergerak atau melaju.

Menurut kepala mekanik mobil di bilangan Galaxy, Bekasi, Drive belt atau V Belt bekerja dengan memanfaatkan perputaran dari poros engkol mesin (crankshaft) untuk menggerakkan sejumlah komponen, seperti water pumps, alternator, kompresor AC, pompa power steering atau supercharger.

Ada beberapa mobil yang juga menggunakan belt terpisah untuk menggerakkan satu atau beberapa komponen yang berporos pada beberapa puli. Komponen V Belt tidaklah terlalu mahal harganya. Oleh karenanya jangan ragu untuk mengganti yang satu ini jika terlihat sudah mulai koyak, rusak atau getas termakan usia.

Lantas bagaimana mengetahui tanda-tanda bila drive belt sudah waktunya diganti?

Sekilas secara fisik, Anda bisa melihat permukaan belt yang koyak. Meskipun koyaknya kecil, tapi lama-lama akan melebar karena karet tersebut berputar kencang dan bertugas berat dalam menggerakkan beberapa komponen.

Bagian dalam karet yang mulai aus atau tipis, juga menjadi penanda belt harus diganti. Penanda lainnya adalah bunyi aneh seperti putaran roda besi berkarat disertai bunyi decitan. Bunyi itu muncul biasanya ketika mobil akan berakselerasi dari putaran gigi rendah.

Jika sudah parah, beberapa komponen yang diputar oleh drive belt bisa kurang optimal fungsinya, sehingga memicu lampu indikator di spidometer menyala.

Periode pergantian drive belt, tergantung pada kondisi dan usia mobil. Tapi sebaiknya periksa drive belt setahun sekali untuk kendaraan yang usianya sudah lebih dari dua tahun jika mobil sering dipakai untuk perjalanan jauh.

Pemeriksaan rutin terhadap drive belt penting dilakukan. Pasalnya, bila belt sampai putus, maka aki tak bisa lagi terisi dayanya, AC tak bisa menyemburkan hawa dingin, power steering tak berfungsi hingga mesin akan kepanasan.

Dari Penjelasan yang sudah kami jelaskan bahwa perawatan V-Belt dan Pulley cukup mudah jika dilakukan dengan benar jika di tambah dengan memberikan perhatian baik dari segi perawatan maupun pelumasan. dan kami juga memberikan salah satu toko terbaik di jakarta jika terjadi masalah terhadap V-Belt dan Pulley mobil anda atau mesin industri.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di: