Kapan Saatnya Ganti Bearing Roda Motor Anda? Simak Penjelasan Berikut! - Anugerah Jaya Bearing

Kapan Saatnya Ganti Bearing Roda Motor Anda? Simak Penjelasan Berikut!

December 11, 2018 in Tips Bearing

Bearing, alias laher roda merupakan salah satu komponen fast moving yang kerap diganti jika ada permasalahan pada bagian roda motor. Lalu, bagaimana cirinya jika harus diganti? Jika sudah ada gejala oleng, itu artinya bearing sudah oblak, atau koclak dan aus.Sebaiknya langsung diganti. Sebab, jika didiamkan, selain berbahaya karena dapat mengganggu handling berkendara, bearing juga bisa pecah.

“Kalau pecah, justru lebih sulit melepasnya karena posisi sisi luar bearing masih menempel ke tromol roda, tapi bagian tengahnya sudah copot. Butuh waktu lebih lama untuk mencopotnya” (Kata salah satu mekanik bengke)l.

Menurutnya, banyak yang menjadi penyebab bearing oblak. Mulai dari seringnya menghantam lubang, atau melewati kondisi jalan yang jelek. Hingga kemasukan air saat berjalan melewati banjir. Patut diingat, meskipun tak punya usia pakai seperti kampas rem atau oli, namun bearing yang oblak tak bisa dibetulkan, jadi harus diganti.

Beberapa penyebab yang diuraikan diatas merupakan hal yang dapat menjadikan bearing atau laher motor mengalami permasalahan secara teknis. Adanya permasalahan pada komponen laher atau bearing motor ini dapat ditunjukan melalui beberapa tanda berupa ciri ciri laher motor rusak yang diuraikan pada bagian dibawah ini.

1. Munculnya suara kasar

Ciri ciri laher motor rusak yang pertama adalah munculnya suara suara kasar pada bagian roda depan yang seharusnya tidak muncul ketika komponen tersebut dalam kondisi yang normal. Suara suara kasar dan gemelutuk ini akan muncul terutama ketika sepada motor dipacu untuk melawati jalanan yang berlubang maupun bergelombang. Suara gemuruh tersebut juga akan terdengar semakin keras ketika kecepatan pacu kendaraan ditingkatkan, Laju kecepatan yang dapat memunculkan suara gemuruh yang lebih jelas ini biasanya didapatkan ketika sepeda motor dipacu pada kecepatan minimal 40 km/jam.

2. Kemudi yang terasa bergetar

Kerusakan pada bearing atau laher motor merupakan salah satu kondisi yang juga menjadi penyebab stang motor terasa goyang atau bergetar. kondisi teresebut dikarenakan bearing motor yang rusaka merupakan salah satu penyebab stang motor bergetar.

Related image

3. Kemudi yang berat

Ciri lainnya yang juga merupakan gejala awal sebagai tanda adanya masalah pada bearing sepeda motor adalah kondisi dimana stir sepeda motor menjadi berat terutama kondisi stang yang berat sebelah dan sangat sudah diajak untuk berbelok serta mengalami keadaan yang tidak stabil. Kondisi stir atau kemudi yang berat ini pasti dapat menyebabkan sepeda motor tidak dapat digunakan secara optimal.

4. Stir atau kemudi yang oblak

Rusaknya laher atau bearing pada sepeda motor biasanya terjadi pada bagian pelor bearing yang aus. Apabila kondisi tersebut dibiarkan maka dapat menyebabkan bearing menjadi longgar sehingga stir tidak akan stabil berdiri pada dudukannya. Karena stang yang tidak stabil tersebut maka akan terasa oblak ketika digunakan. Untuk membantu mengatasi masalah stir oblak ini maka bearing harus diganti meskipun bukan merupakan sparepart sepeda motor yang sering rusak.

5. Roda depan yang bergoyang

Ciri ciri laher motor rusak selanjutnya adalah munculnya kondisi dimana roda depan terasa bergoyang dan tidak stabil. Kondisi tersebut dipicu karena kerusakan pada bearing atau laher motor yang merupakan penahan poros roda dapat mengakibatkan kelongaran sehingga roda depan akan terasa seperti bergoyang.

6. Besarnya clerance antara bola baja dan race ball

Clarance atau jarah bersih antara bola baja dan race ball pada bagian roda depan yang cukup besar merupakan salah satu ciri dari rusaknya komponen laher pada sepeda motor. Kondisi clearance yang besar tersebut akan ditunjukan dengan kondisi sepeda motor yang tidak stabil ketika digunakan. Kondisi besarnya clearance ini merupakan keadaan yang dapat terjadi pada hampir semua sepeda motor dengan usia pakai serta frekuensi pemakaian yang besar,

Beberapa kondisi dan tanda yang menjadi ciri laher atau bearing dari sepeda motor yang rusak tersebut dapat menjadi pertanda bahwa sepeda motor harus segera diperbaiki selain itu juga kondisi laher yang rusak tersebut tidak dapat diremehkan, Laher motor yang rusak akan sangat mempengaruhi kinerja dari kemudi sepeda motor sehinggaharus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan bahaya bagi mereka yang menaikinya.

Dari Penjalasan di atas dapat disimpulkan bahwa proses perawatan bearing tidaklah mudah. namun ada banyak faktor yang mempengaruhi jenis bearing tersebut sehingga menjadi tahan lama dan tidak cepat rusak. Kami anugerah jaya bearing distributor bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Spare Part atau bearing yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan Spare Part berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Spare Part akan terpenuhi. Beli rantai di anugerah jaya bearing saja, karena kami adalah ahlinya.

Itulah tips yang dapat kami jelaskan guna untuk memberikan informasi sekaligus wawasan, kualitas dan mutu. namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Bearing, Spare Part, Roller Chain anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]
  • About The Author: Anugerah Jaya Bearing

    Distributor Bearing Terbaik dan Terpercaya – ASB, NTN, Koyo, FAG, Roller Chain

    More posts by

WhatsApp chat