Punya kendaraan bermotor sendiri itu memang menyenangkan. Kamu jadi lebih mudah untuk bepergian ke mana pun dan kapan pun. Tentunya agar perjalananmu tetap selalu menyenangkan, kamu harus memperhatikan spare part atau suku cadangnya.

Perlu kamu ketahui, spare part di pasaran ada dua jenis, yaitu asli dan palsu. Bila ingin kendaraanmu tetap nyaman, kamu pasti nggak mau pakai yang palsu. Tapi, keinginan untuk pakai yang asli saja nggak cukup. Ada pedagang-pedagang nakal yang menjual spare part palsu dan menyebutnya asli. Kamu tentu nggak mau ditipu sama penjual nakal, kan?

Nah, supaya kamu nggak ketipu saat beli spare part, yuk, kenali ciri-ciri spare part asli berikut ini!

1. Harga nya Masuk Akal

Image result for uang sogokan

Harga memang nggak bisa bohong! Ungkapan itu rasanya benar adanya. Harga spare part asli itu pastinya lebih mahal dari yang palsu. Perbedaannya hampir dua kali lipat.

Untuk itu, jika kamu menemukan penjual spare part yang menjual barang dengan harga beda alias sangat murah, tanpa promo khusus atau potongan harga, kamu perlu curiga. Kemungkinan besar barang yang dijualnya palsu.

Soalnya, ada harga khusus yang ditetapkan dari pabrik sehingga harga spare part asli di mana pun pasti nggak beda jauh. Nggak mungkin kan penjualnya mencari rugi?

2. Nomor Serinya Terdaftar

Image result for nomor seri bearing

Spare part asli memang lebih mahal. Namun, nggak menutup kemungkinan bila ada barang palsu yang dijual dengan harga asli, bukan? Untuk itu, kamu perlu lebih teliti lagi dalam mengecek spare part yang kamu beli. Spare part asli dijual dengan nomor seri tertentu. Setiap nomor seri terdaftar di katalog resminya. Jika kamu menemukan ada barang yang nomor serinya beda, kamu patut curiga. Segera tanyakan pada penjual mengenai nomor seri tersebut. Jika penjual nggak bisa menjelaskan, besar kemungkinan barang yang kamu beli itu palsu.

3. Kemasan Berhologram

Related image

Meski nomor seri sudah sama, jangan berhenti waspada dulu. Karena masih ada kemungkinan kamu tertipu. Cobalah perhatikan baik-baik kemasannya. Kemasan spare part asli dilengkapi dengan hologram. Meskipun yang palsu juga ada hologram, kualitas hologramnya berbeda. Hologram yang asli susah dilepas, sedangkan yang palsu hanya nampak seperti sticker. Kardus kemasan asli juga tebal dan halus. Kemudian, tulisan kardus di kemasan asli berwarna terang dan tidak kusam.

4. Bahannya Sesuai

Image result for pembuatan bearing

Spesifikasi spare part kendaraan apapun bisa dicari di internet, baik di web resminya atau review dari sesama pengguna. Kenali dulu apa bahan spare part yang kamu gunakan. Sebab, semirip-miripnya tampilan luar barang palsu, tidak akan pernah menggunakan bahan yang sama. Misalnya, spare part asli menggunakan baja dan yang palsu hanya menggunakan besi biasa.

Sekarang kamu sudah tahu cara mengecek keaslian sebuah spare part, akan tetapi kamu juga harus tahu keuntungan menggunakan spare part yang asli. Pertama, berat di awal, ringan di akhir. Jadi, meskipun kamu merogoh kocek lebih dalam untuk beli spare part asli, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan ini itu.

Kedua, terjamin, terpercaya, dan pastinya pas. Spare part yang asli sudah dijamin standar mutunya, lewat pengujian-pengujian tertentu, dan pastinya komponen yang asli lah yang paling pas dengan kendaraan favorit kamu. Jadi, pastikan setiap spare part yang kamu gunakan itu asli, ya!

YANG ASLI NGGAK HARUS MAHAL, KOK! INI BUKTINYA

Beli spare part asli itu nggak boleh asal pilih. Supaya kamu nggak ketipu, pilihlah penjual yang paling tepat, seperti Anugerah Jaya Bearing yang yang berletak di daerah taman sari. Selain bisa mendapatkan harga terbaik dan anda bisa bertanya langsung atau berkonsultasi sesuai dengan kebutuhan yang anda butuhkan. langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]