Fungsi dari kampas atau kanvas kopling sendiri adalah sebagai penyalur tenaga mesin ke gearbox transmisi. Sebesar apapun tenaga mesin yang ada pada motor, bila kampas kopling habis tentunya keluaran tenaga dari mesin nggak bisa maksimal, artinya transfer tenaga ke roda jadi berkurang. Dalam kondisi pemakaian yang normal, performanya akan menurun perlahan di kisaran jarak tempuh sampai 20.000 Km. Jika sudah muncul ciri-ciri kampas kopling habis, maka sobat wajib menggantinya agar resiko keausan nggak merembet melahap rumah kopling atau tutup kopling. Nah mungkin kalian masih bingung untuk mengenali ciri-ciri kampas kopling sudah aus atau habis, Sobat Bikers simak saja beberapa gejala kanvas kopling aus berikut ini :

1. Lelet
Kampas kopling habis biasanya akan mengalami penurunan power tenaga dari mesin yang terasa lebih lelet saat gas dibuka secara agresif. Akselerasi yang lemah ini sebenarnya sedikit akan mempengaruhi top speed, namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk menggapainya. Misalnya saja kecepatan motor kita sudah mencapai 100 km/h saat kampas kopling masih tebal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik namun saat komponen ini mulai aus mungkin membutuhkan waktu sekitar 15 detik atau bahkan bisa lebih.

2. Selip Kopling
Gejala selip kopling biasanya akan sering timbul jika kampas kopling sudah mulai aus atau habis. Hal ini akan lebih sering apabila kalian menggunakan oli mesin yang nggak sesuai spek mesin atau oli berkualitas rendah. Karena fungsi oli adalah meminimalisir ke-ausan, maka agar komponen kopling awet, sobat harus lebih memperhatikan saat pemilihan oli. Pilih pelumas mesin kayak gini jangan yang asal murah, tapi yang cocok.3

3. Missed Gear, Perseneling Nyangkut
Gejala ini terjadi jika gejala kampas kopling habis biasanya saat pengendara motor mengoper perseneling akan sering nyangkut atau tetap pada gigi yang sama. Bukannya gigi bertambah, malah mesin meraung percuma tanpa bertambahnya speed.

Itulah beberapa cara untuk mengenali ciri-ciri atau bisa dikatakan juga gejala kanvas kopling habis. Lebih baik dilakukan penggantian segera mungkin. Dan biasanya mekanik saat memasang kampas kopling baru, mereka biasa membasahi terlebih dahulu kampas kopling tersebut dengan oli. Jika dibasahi menggunakan oli maka disaat motor dihidupkan pertama kali, rumah kopling pun terlumasi meski oli belum sepenuhnya bersirkulasi. Apabila kampas kopling masih kering maka yang ditimbulkan akan terjadinya gesekan yang akan mengikis ketebalan kampas kopling walaupun hanya sedikit.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]