Istilah gir yang bepasangan dengan rantai disebut dengan Sprocket. Tapi masih saja kebanyakan orang salah menyebutnya dengan gear. Gear sendiri bisa diambil contoh pada transmisi motor atau mobil. Kalalu sama-sama untuk transmisi, di sepeda juga kan istilahnya gir, gir 1,2, sampai 7 untuk roda belakang dan gear 1 sampai 3 untuk di poros pedal?

Nah itu dia, mungkin sudah menjadi kebiasaan orang orang Indonesia menyebutnya gear. Sebenarnya istilah itu sendiri kurang benar. Kalau dilihat dari bentuknya memang ada sedikit persamaan. Roda gigi, berarti roda yang memiliki gigi. Ya memang keduanya, antara gear dan sprocket sama-sama memiliki “gigi” pada permukaannya. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas perbedaannya.

1.  Gear

Gear adalah roda silinder bergerigi yang digunakan untuk mentransmisikan gerakan dan daya dari satu poros ke poros lain (Robert L. Mott, 2004: Machine Elements in Mechanical Design. hal 301). Perpindahan transmisi ini dilakukan dari satu gear berpasangan dengan gear yang lain pada poros yang berbeda. Gear pendorong (Driving gear) atau biasa disebut pula dengan pinion mendorong driven gear untuk mentransmisikan tidak hanya gerakan melainkan daya dan torsi ditransmisikan pula ke poros dan gear selanjutnya.

Fungsi lain dari gear tidak hanya digunakan untuk mentransmisikan daya dan gerakan saja, melainkan dapat digunakan pula untuk mereduksi kecepatan. Perbedaaan diameter gear yang bepasangan akan mengasilkan kecepatan putar yang bebeda untuk masing-masing gear. Jika gerakan ditransmisikan dari driving gear yang lebih kecil atau pinion ke gear yang lebih besar, maka akan terjadi pengurangan kecepatan putar pada gear kedua yang lebih besar (kecepatan tereduksi). Begitu sebaliknya. Jika gerakan ditransmisikan dari gear yang lebih besar ke gear yang lebih kecil  akan meningkatkan kecepatan putar. Kelebihan lain dari Gear adalah gear bisa dipindah pasangkan dari pasanganan gearnya. Mekanisme seperti ini diterapka pada mekanisme perpindahan gigi di motor dan mobil. Dengan kelebihan gear ini kecepatan putar pada poros bisa divariasikan dengan banyak variasi kecepatan putar.

2. Sprocket dan Rantai

Sproket yang digunakan pada sepeda, sepeda motor, mobil, kendaraan roda rantai, dan mesin lainnya digunakan untuk mentransmisikan gaya putar antara dua poros di mana roda gigi tidak mampu menjangkaunya.

Pada sepeda, pengubahan rasio kecepatan putar secara keseluruhan dilakukan dengan memvariasikan diameter dari sproket. Perubahan diameter sproket akan mengubah jumlah gigi dari sproket. Misal, sepeda dengan 10 speed bisa didapatkan dengan menggunakan dua sproket pada poros penggerak dan 5 sproket pada poros roda. Rasio kecepatan yang rendah menguntungkan pengguna sepeda di jalan yang menanjak, sedangkan rasio kecepatan yang tinggi memudahkan untuk bergerak cepat di jalan yang datar.

Pada sepeda motor, tidak ada pengubahan diameter sproket ketika bergerak. Namun perubahan diameter sproket secara manual mampu mengubah tingkat akselerasi dan kecepatan tertinggi dari sepeda motor. Kendaraan roda rantai dengan sproketnya di bagian depan dan belakang.

Sprocket juga digunakan pada kendaraan roda rantai. Pada kendaraan jenis ini, jumlah sproket yang terlibat banyak, namun sproket yang menggerakan hanya satu, dua, atau tiga. Sproket yang menggerakan, jika jumlahnya satu, biasanya berada di depan atau belakang kendaraan. Dengan dua sproket penggerak, posisi sproket ada di depan dan belakang. Sproket penggerak ketiga bisa terletak di mana saja dan biasanya posisinya lebih tinggi dari sproket penggerak yang lain.

Anugerah Jaya Bearing menyediakan berbagai tipe Sprocket yang anda butuhkan, kami telah lama menjadi distributor resmi, sehingga Sprocket yang kami jual adalah yang termurah, serta Sprocket dengan kwalitas terbaik. Konsumen  Sprocket kami tersebar diseluruh pulau Indonesia, pelayanan kami dalam menjual Sprocket terkenal yang terbaik, penjualan Sprocket tidak hanya secara grosir tapi juga penjualan Sprocket dapat di-ecer atau satuan. Memberi jaminan kepada konsumen untuk urusan Sprocket anugerah jaya bearing adalah ahlinya.

Kami juga menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, mungkin diantara anda tidak sempat atau males untuk berkunjung ketoko penjual onderdil terdekat. Anda dapat melakukan pembelian Sprocket  melalui toko online, ya sekarang Sprocket  dapat dibeli melalui toko online, dan anugerahbearing.com bukan hanya menjual Bearing, Roller Chain tetapi juga Sprocket .

Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan Sprocket  maka anugrah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau e-mail yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Sprocket  akan terpenuhi. Beli Sprocket  di anugerah jaya bearing sekarang juga.

namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli bearing anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai bearing, Roller Chain, dan Sprocket  yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]