Penggunakan Kopling Yang Harus Dihindari! Jangan Sampai Rugi!

January 4, 2019 in Coupling, Tips Coupling

Ketika berkendara dengan menggunakan mobil manual, kopling adalah salah satu elemen yang krusial. Namun, tanpa disadari, beberapa pengemudi ada yang kurang bisa menggunakan kopling dengan tepat. Berikut ini informasi seputar penggunaan kopling yang kurang tepat.

Sebagai informasi, sistem kopling terbagi dalam sejumlah komponen yang memiliki fungsi saling mendukung. Satu set kopling terdiri dari pelat atau piringan kopling (clutch disc), matahari (cover clutch), roda gila (flywheel), dan leher kopling (release bearing).

Image result for penggunaan kopling yang salah

Sebenarnya bagaimana cara kerja kopling? Saat pedal kopling ditekan, hubungan antara mesin dan sistem penggerak terputus karena flywheel dan clutch plate tak saling bersinggungan. Hal ini mengakibatkan tenaga yang dihasilkan mesin tak dapat diteruskan ke komponen penggerak. Lalu, jika pedal kopling dilepas atau tak diinjak, hantaran putaran mesin akan kembali menggerakkan transmisi.

Penggunaan kopling yang salah

Berikut terdapat beberapa penggunaan kopling yang salah yang dapat menyebabkan kopling mengalami kerusakan, antara lain adalah:

1. Meletakkan kaki pada pedal kopling selama kendaraan sedang berjalan. Hal ini dapat menyebabkan kondisi kopling mobil menjadi cepat aus terutama pada bagian release bearing dan pelat kopling.

2. Menginjak dan melepaskan kopling mobil dengan kasar. Perlakuan secara kasar dapat menyebabkan sentuhan pelat kopling terhadap roda gila atau flywheel akan  terasa lebih keras. Hal ini dapat mempercepat keausan pada sistem kopling mobil anda terutama pada bagian torsion damper yang ada di plat kopling.

3. Perlakuan yang perlu dihindari selanjutnya adalah dengan menahan kopling setengah pada saat sedang antri di tanjakan. Hal ini akan menyebabkan sistem dan plat kopling cepat rusak dan bahkan terbakar. Mesin mobil akan terasas bergetar sehingga dapat membuat kerja karet penahan mesin menjadi terganggu. Selain itu, perlakukan ini juga akan mempercepat umur pemakaian kampas kopling karena akan mengalami penipisan terus menerus. bagian clutch cover dan permukaan fly wheel akan mudah terkikis

Lalu, bagaimana cara yang tepat menggunakan kopling? Pertama adalah saat menginjak, sebaiknya Anda menekan pedal kopling sepenuhnya. Hal ini bertujuan agar flywheel dan clutch plate dapat terpisah secara sempurna sehingga mempermudah Anda memindahkan tuas transmisi. Dan yang kedua adalah ketika sedang menginjak pedal kopling secara sempurna, pindahkan tuas transmisi. Ketiga, setelah memindahkan tuas transmisi, bebaskan injakan kopling secara perlahan. Kemudian, selaraskan dengan injakan pedal gas agar kendaraan dapat berjalan dengan halus dan tak membuat kendaraan melompat.

Dari Penjelasan yang sudah kami jelaskan bahwa penggunakan coupling cukup mudah jika dilakukan dengan benar jika di tambah dengan memberikan perhatian baik dari segi perawatan maupun pelumasan. dan kami juga memberikan salah satu toko terbaik di jakarta jika terjadi masalah terhadap coupling mobil anda atau mesin industri.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]
  • About The Author: Anugerah Jaya Bearing

    Distributor Bearing Terbaik dan Terpercaya – ASB, NTN, Koyo, FAG, Roller Chain

    More posts by