Mobil matic memang sangat praktis dan mudah digunakan, tak heran jika mobil ini menjadi rekomendasi mobil untuk pemula dan wanita karena terasa nyaman dan aman ketika dikendarai. Namun sayangnya mobil matic seringkali rusak, terutama pada bagian sistem transmisinya. Gejala kerusakan transmisi matic ini disebabkan oleh beberapa faktor, sekitar 85% faktor penyebab dapat diakibatkan karena lalai ketika mengganti oli transmisi, faktor 10% disebabkan karena kekeliruan dalam pengoperasian dan 5% disebabkan karena usia penggunaannya. Sistem transmisi matic yang macet maupun rusak tentu saja akan menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara.

Pernahkah Anda merasakan sulit ketika ingin menggeser tuas transmisi dari persneling 1 ke dua atau sebaliknya? Jika iya maka itu mungkin menjadi gejala awal kopling selip.

Related image

Gejala kopling selip sebenarnya ditandai oleh beberapa hal. Kesulitan memindahkan posisi gigi hanya satu diantaranya. Kondisi semacam ini biasanya akan mulai terasa ketika mobil sudah masuk tahun ke tujuh masa pemakaian dan telah digunakan setiap hari tanpa ada waktu istirahat. Jika gejala koling selip sudah terasa, maka sebaiknya sesegera mungkin melakukan servis pada bagian tersebut.

Berikut ini beberapa langkah tips dari Toyota untuk mengetahui apakah mobil Anda mengalami kopling selip atau tidak:

1. Pindahkan transmisi saat jalan menanjak

Cara paling mudah untuk mengetahui kondisi kopling selip atau tidak adalah dengan mencoba saat jalan menanjak. Jika kondisi jalan saat itu cukup sepi, maka ketika menanjak, pindahkan posisi gigi transmisi mobil Anda ke posisi yang lebih rendah. Jika kopling terasa keras walau pedal sudah diinjak penuh maka bisa dipastikan kopling selip.

2. Muncul suara-suara aneh

Ketika mobil berakselerasi jika muncul bunyi-bunyi aneh seperti suara benda berputar cukup keras maka kemungkinan bunyi aneh itu muncul dari kopling yang selip.

3. Pedal kopling keras

Rasakan pedal kopling mobil Anda apakah masih terasa seprti biasa atau terasa lebih keras dan butuh tenaga ekstra untuk menginjaknya? Jika kondisi kedua yang terasa maka ini menjadi pertana kopling selip.

4. Tes kondisi pedal kopling

Pada kondisi mobil masih diam, tarik rem tangan, hidupkan mesin, injak pedal kopling, masukkan transmisi ke posisi gigi 4. Kemudian secara perlahan lepas injakan pedal koling namun kaki kanan tetap menginjak pedal gas. Rasakan jika mobil tak memberi respon sama sekali maka itu pertana kopling selip dan harus diganti.

Sistem transmisi yang mengalami masalah tentu saja akan mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Untuk itu jangan pernah menyepelekan gejala kerusakan pada sistem dan selalu lakukan perawatan secara rutin dan berkala.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]