Jangan Asal Pilih Rantai, Kenali Jenis Nya!

November 30, 2018 in Roller Chain

Rantai adalah serangkaian link atau cincin yang saling terhubung berkaitan satu dengan yang lain sehingga terbentuk hingga memanjang. Rantai biasanya dibuat dari logam maupun plastik, tergantung dari kegunaannya dan juga keperluan dari pemakainya sendiri.

Rantai secara umum digunakan untuk memindahkan beban atau tenaga dan juga dapat digunakan untuk mengikat benda agar tidak terjatuh. Semua fungsi-fungsi tersebut tergantung dari tipe dan jenis dari rantai itu sendiri.

Pada awalnya rantai digunakan untuk mengambil air di sumur dengan menggunakan ember sebagai alat bantunya. Dan seiring perkembangan jaman, rantai mulai banyak memiliki manfaat dan kegunaan di segala bidang. Pada abad ke-16, Leonardo Da Vinci membuat sketsa rantai yang bentuknya lebih sempurna dan terus mengalami penyempurnaan desain dan bentuk dari generasi ke generasi sehingga rantai menjadi bentuk seperti sekarang ini.

Image result for jenis rantai

Rantai diciptakan dari jaman ke jaman terus menerus dan telah berubah bentuk dan materialnya dikarenakan kebutuhan manusia yang terus menerus berubah. Semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan orang-orang dalam menggunakan rantai semakin beraneka ragam dan manusia pun menciptakan jenis rantai / tipe rantai yang berbeda sesuai dengan fungsinya.

Jadi apa sajakah jenis-jenis / tipe-tipe rantai tersebut?? jenis-jenis / tipe-tipe rantai secara umum dapat dibagi menjadi 3 jenis menurut materialnya yaitu diantaranya :

  1. Rantai Baja
  2. Rantai Besi
  3. Rantai Plastik

Dari ketiga jenis rantai tersebut, tiap-tiap jenis rantai tersebut dapat dijabarkan lagi menjadi beberapa tipe, karena memang jenis-jenis dari ini banyak sekali. Kami akan jelaskan kedua jenis rantai yang telah kami sebutkan diatas ( tanpa rantai plastik ).

JENIS RANTAI BAJA DAN KEGUNAAN RANTAI BAJA

Rantai Baja adalah rantai yang terbuat dari material Baja, yang artinya terdiri dari campuran elemen-elemen yang elemen intinya adalah besi. Elemen-elemen yang biasa dicampurkan menjadi material baja diantaranya Karbon, Mangan, Fosfor, Sulfur, Silikon, nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium. Ada juga sebagian perusahaan produsen rantai baja melakukan sedikit variasi dengan menambahkan elemen lain yang membuat material baja yang diproduksinya memiliki nilai lebih.

Rantai Baja dikhususkan untuk aplikasi Lifting ( Angkat ) dan Towing ( Tarik ) dengan beban yang berat. Awal mula rantai baja diciptakan memang karena ingin diaplikasikan terhadap aplikasi angkat dan tarik dengan beban yang berat. Manusia mulai menciptakan rantai baja karena kebutuhan mereka akan beban angkat dan beban tarik yang semakin besar agar dapat mempermudah kebutuhan mereka.

  • Rantai Baja Angkat / Tarik

Rantai ini dibuat khusus untuk aplikasi tarik dan juga angkat sesuai dengan namanya. Rantai ini dibuat berdasarkan grade, yang dapat disebutkan dengan grade 80 dan grade 100. Semakin besar grade rantai tersebut, tentunya semakin besar juga daya angkatnya (WLL). Rantai ini biasa digunakan pada aplikasi di bidang konstruksi dan juga perkapalan dengan beban angkat yang memang sangat berat

  • Rantai Jangkar

Tipe rantai ini khusus digunakan bersamaan dengan jangkar, karena memang sesuai dengan sebutannya. Ukuran dari rantai jangkar ini relatif lebih besar dari ukuran Rantai Baja, karena memang disesuaikan dengna kegunaannya pada jangkar yang berukuran besar. Rantai jangkar ini diproduksi juga berdasarkan grade, tetapi berbeda sebutannya dengan grade rantai baja. Grade rantai jangkar ini dibedakan menjadi Grade U2 dan juga U3

JENIS RANTAI BESI DAN KEGUNAAN RANTAI BESI

Rantai besi adalah rantai yang terbuat dari material besi, yang artinya elemen utama yang terkandung didalamnya adalah besi. Besi adalah logam dalam deret transisi pertama dan juga merupakan unsur paling umum yang ada di Bumi yang kita pijak ini, yang memang besi adalah massa yang membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi. Perlu anda ketahui, besi adalah unsur keempat terbesar pada kerak bumi ini.

Rantai besi banyak digunakan untuk aplikasi yang lebih ringan dibandingkan dengan rantai baja. Rantai besi biasa digunakan untuk aplikasi lashing ( ikat ), light lift ( angkat ringan ) dan juga light towing ( tarik ringan ). Rantai besi dengan tipe tertentu juga digunakan sebagian orang sebagai dekorasi rumah, kantor maupun outdoor. Rantai Besi sangat tidak disarankan untuk pengangkatan dengan beban yang berat, karena rantai besi tidak memiliki kekuatan angkat ( WLL ) yang besar seperti rantai baja. Jadi sebelum anda menggunakan rantai besi ini, mohon melakukan pengecekan terlebih dahulu pada kekuatan angkat pada rantai besi tersebut, apakah sesuai dengan beban yang akan anda angkat??

  • Rantai Galvanis

Rantai galvanis adalah rantai besi yang dilapisi dengan lapisan Galvanis yang bahan dasarnya adalah seng. Dengan dilapisi lapisan ini, rantai besi akan lebih tahan terhadap karat dan juga korosi. Rantai ini memiliki kekuatan angkat yang cukup untuk menangkat dan menarik beban, sehingga rantai ini biasa digunakan untuk jenis pengangkatan dan tarik ringan. Sesuai dengan keistimewaannya yang tahan terhadap karat, rantai ini biasa digunakan orang-orang untuk aplikasi yang berada di daerah yang rawan korosi dan pengaratan, seperti : Laut, Pantai, dll

  • Rantai Stainless Steel

Rantai Stainless Steel adalah rantai yang dilapisi dengan finishing stainless steel yang lebih berkilau atau berkilap rupanya. Rantai ini mengandung kandungan stainless steel dengan nilai SUS 304 dan 316. Rantai ini banyak digunakan untuk aplikasi dapra, lashing, pemberat trawl, pagar, dekorasi dan masih banyak lagi. Kekurangan dari rantai ini adalah tidak bisa digunakan untuk aplikasi lifting karena memiliki nilai breaking load yang rendah, sehingga hanya cocok untuk penghias, pengikat dan pemberat saja.

  • Rantai Besi Standard

Rantai besi standard ini adalah rantai besi biasa yang tidak memiliki lapisan apapun, sehingga tidak cocok digunakan pada daerah yang rawan korosi dan pengaratan. Kegunaan dari rantai besi ini hampir sama dengan rantai dengan finishing galvanis, yaitu untuk mengangkat beban ringan dan juga menarik beban ringan. Hanya yang menjadi pembedanya adalah lokasi yang dijadikan aplikasinya tidak boleh yang memiliki kadar garam dan asam yang tinggi, sehingga dapat menghancurkan besi.

Jika anda membutuhkan rantai jenis dan tipe apapun dengan ukuran yang anda butuhkan, silahkan kunjungi website kami anugerahjayabearing.com. Kami menawarkan banyak tipe dan ukuran dari rantai yang anda butuhkan dengan harga rantai yang dapat anda bandingkan dengan distributor lainnya, sehingga anda tidak perlu ragu untuk menghubungi kami karena kami adalah distributor alat kapal terlengkap.

Kami anugerah jaya bearing distributor bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Spare Part atau bearing yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan Spare Part berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Spare Part akan terpenuhi. Beli rantai di anugerah jaya bearing saja, karena kami adalah ahlinya.

namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]
  • About The Author: Anugerah Jaya Bearing

    Distributor Bearing Terbaik dan Terpercaya – ASB, NTN, Koyo, FAG, Roller Chain

    More posts by