Fungsi dan Kegunaan Panel Genset! Sudah Tau..?

May 27, 2019 in Circuit Breaker, News, Spare Parts

MCB(miniature circuit breaker) Adalah alat pemutus aliran listrik Dari PLN Ke Konsumen yang dipasang setelah KWH meter bila terjadi hubungan pendek(konsleting) atau pemakaian berlebih dari kemapuan MCB. Saat terjadi hubungan pendek atau pemakaian beban listrik melebihi kemampuan MCB maka keping bimetal yang berada dalam Kotak MCB akan memanas melewati batas toleransi maka kedua kepingnya akan saling menjauh mengakibatkan terputusnya aliran listrik yang melewatinya, pada saaat itu keping yang saling menjauh akan menekan tuas sakelar MCB ke posisi Off, Oleh karena itu bila MCB mati sendiri karena pemakaian listrik berlebih maka tidak akan bisa langsung dihidupkan harus menunggu beberapa saat sampai kedua kepingnya dingin kemudian barulah Tuas MCB dapat diatur kembali ke posisi on. kemudian MCB dapat di gunakan di genset ataupun generator.

Related image

Genset atau generator set dalam pengoperasiannya membutuhkan alat indikator untuk mengetahui apakah sebuah genset (generator set ) beroperasi dalam keadaan baik. Untuk melihat indikator-indikator tersebut dibuatlah sebuah Panel  Genset, dimana panel  ini bisa memperlihatkan kondisi genset pada saat dalam keadaan tidak beroperasi, maupun pada saat beroperasi.

Panel tersebut juga bisa memperlihatkan sebuah Genset (generator set) berada dalam keadaan berbeban dan tampa beban. Panel genset  biasanya terbagi atas dua bagian :

1. Panel Mesin

2. Panel  Generator

Panel mesin dibuat untuk memperlihatkan kondisi maupun bagian-bagian mesin seperti  Indikator temperature mesin, tekanan oli mesin, kontrol bahan bakar, hour meter dan indikator pengisian Accu/Batere.

Panel generator  dibuat untuk memperlihatkan kondisi keluaran Listrik generator,

Panel ini  dilengkapi beberapa alat ukur antara lain :

1. Volt Meter

2. Frekwensi Meter

3. Ampere meter

Volt meter gunanya untuk menampilkan tegangan keluaran dari generator sesuai yang tertera pada pelat nama generator. Frekwensi meter untuk meperlihat  frekwensi keluaran generator.  Ampere meter untuk menampilkan berapa besar arus listrik yang disalurkan ke beban terpasang . Ada juga panel generator  ditambahkan  sebuah alat ukur daya Listrik (KWH). Selain dilengkapi beberapa alat ukur, panel generator  dilengkapi juga Lampu Indikator , alat pengaman generator dan  instalasi listrik seperti  MCCB ( Moulded case circuit breaker) atau MCB(Mini Circuit Breaker).

Kami anugerah jaya bearing distributor MCB, Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]
  • About The Author: Anugerah Jaya Bearing

    Distributor Bearing Terbaik dan Terpercaya – ASB, NTN, Koyo, FAG, Roller Chain

    More posts by