Cara Merawat Kopling Mobil tidak boleh disepelekan karena salah satu bagian utama mobil manual. Kopling mobil merupakan salah satu bagian yang ada di dalam mobil yang merupakan komponen vital yang sangat berkaitan dalam peforma kendaraan anda. Tentunya karena fungsinya tersebut tentunya kopling mobil membutuhkan perawatan agar peforma mobil tetap berjalan dengan optimal. Meskipun termasuk salah satu komponen yang cukup vital di dalam mobil, perawatan mobil tidak sesusah yang anda bayangkan.

Namun hal tersebut tidak berlaku jika cara mengendarai mobil yang anda lakukan kurang tepat atau medan yang dilalui kendaraan agak berat. Kopling pada mobil manual berada di antara transmisi dan mesin dan berfungsi untuk memutuskan serta menyambungkan tenaga yang dikeluarkan mesin kendaraan ke bagian roda melalui transmisi. Terdapat beberapa jenis-jenis kopling yang digunakan di dalam kendaraan, antara lain adalah kopling gesek, kopling fluida, dan kopling magnet.

Cara Merawat Kopling

Kopling di dalam sebuah kendaraan tentunya membutuhkan persayaratan agar kinerja nya maksimal, antara lain:

  • Pada saat menghubungkannya dengan sistem transmisi tentunya harus dapat memindahkan tenaga tanpa terjadi slip
  • Kopling mobil harus menghubungkan transmisi dengan mesin kendaraan secara lembut.
  • Kopling harus dapat cepat membebaskan hubungan dari sistem transmisi dengan sempurna tanpa kesalahan.

Sistem kerja kopling terbagi ke dalam beberapa komponen yang masing-masing tentu memiliki fungsi untuk saling mendukung kerja kopling mobil agar maksimal untuk meneruskan putaran mesin mobil ke sistem penggerak. Dalam satu set kopling mobil terdapat pelat kopling, cover cluth (matahari), leher kopling (release bearing), serta roda gila atau fly wheel. Lalu bagaimana prinsip dari kerja kopling mobil? Pada saat pedal kopling ditekan, maka hubungan anatar mesin mobil dengan sistem transmisi menjadi terputus karena fly wheel dan pelat kopling tidak saling bersinggungan.

Hal ini lah yang menyebabkan tenaga yang dihasilkan mesin kendaraan tidak dapat diteruskan ke komponen penggerak. Pada saat pedal kopling dilepas, maka putaran mesin akan kemballi menggerakkan sistem transmisi.

Namun sama hal nya dengan komponen mobil lainnya, kopling mobil pastinya juga dapat mengalami masalah-masalah tertentu yang diakibatkan cara pemakaian ataupun umur kopling yang sudah lama. Nah berikut ini masalah-masalah yang sering terjadi pada kopling mobil.

1. Kopling Selip

Yang sering terjadi pada kopling kendaraan adalah kopling selip. Akibat yang dapat ditimbulkan dari kopling yang selip adalah dapat menyebabkan kendaraan dapat kurang bertenaga, tidak dapat berjalan dengan maksimal, serta mesin kendaraan yang sangat boros bahan bakar. Hal ini dikarenakan tenaga mesin tidak dapat tersalurkan ke sistem transmisi secara sempurna karena plat kopling sudah dalam keadaan yang aus.

2. Kopling Jeblos

Adalah kopling yang jeblos. Akibat yang di akibatkan dari kopling jeblos dapat menyebabkan tuas transmisi tidak dapat dipindakan. Hal ini dikarenakan plat kopling tidak dapat terpisah dengan mesin karena tenaga yang disalurkan dari pedal tidak mampu di teruskan pada sistem kopling. Keadaan yang seperti ini dapat dikarenakan kabel kopling yang putus, silinder kopling yang mengalami kebocoran, dan lainnya yang dapat membuat tenaga pedal tidak dapat diteruskan ke sistem kopling.

3. Kopling Lengket

Adalah kopling mobil lengket. Keadaan ini dapat mengakibatkan tuas transmisi tidak dapat dipindahkan karena tidak terpisah dari pelat kopling dan mesin sehinga menyebabkan plat kopling menjadi lengket. Yang dapat menyebabkan plat kopling menjadi lengket adalah karena air ataupun lumpur yang masuk ke dalam sistem kopling

Dari Penjelasan yang sudah kami jelaskan bahwa perawatan coupling cukup mudah jika dilakukan dengan baik dan benar dan selalu di perhatikan baik dari segi perawatan maupun pelumasan. dan kami juga memberikan salah satu toko terbaik di jakarta jika terjadi masalah terhadap coupling mobil anda atau mesin industri.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]