Mobil matic memang sangat praktis dan nyaman dipakai, tapi ada hal utama mengenai transmisi yang perlu Anda ketahui supaya Anda senantiasa terasa nyaman saat mengendarainya. Transmisi mobil matic 85% rusak dikarenakan kelalaian saat mengganti oli, lalu 10% dikarenakan kekeliruan pengoperasiannya dan sisanya karena usia penggunaannya. Umumnya salah pada transmisi juga dapat menyebabkan persoalan. Meskipun tidak fatal, kesalahan ini menjadi awal dari rusaknya transmisi matic. Berikut ini adalah cara memperbaiki gearbox mobil matic dan penyebab umum yang terjadi pada mobil matic, tapi sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengatasinya bahkan dapat Anda lakukan sendiri.

Image result for kopling mobil matic

1. Mobil yang tidak dapat mundur

Bagaimana jadinya mobil yang Anda kendarai tidak dapat bergerak kearah belakang atau tidak dapat mundur, tentunya akan sangat menyulitkan apalagi saat parkir. Gejala seperti ini sangat sering terjadi dan menjadi tanda pada sistem transmisi. Cobalah untuk melepaskan sensor untuk menciptakan kondisi eror di sistem eletriknya, apabila mobil dapat berjalan mundur berarti kerusakan yang terjadi pada elektronik. Kabel selenoid yang putus atau kehilangan stroom menjadikannya mobil tidak dapat berjalan mundur. Sedangkan untuk mobil matic konvensional mungkin saja kerusakan terjadi pada transmisi mekanikal sehingga rasio gigi mundur terjadi kerusakan.

2. Adanya transmisi yang stuck pada gigi paling atas

Pastinya Anda pernah mengalami saat transmisi tidak dapat bergerak dari posisi yang tinggi, bahkan tidak dapat naik ataupun turun seolah stuck di perpindahan gigi. Hal seperti ini disebut dengan limp mode. Penyebabnya berasal dari fitur TCM di dalam sistem transmisi yang berguna untuk mendeteksi kesalahan sensor sehingga dapat merusak sistem secara menyeluruh. Oleh karena itu, TCM berinteraksi dengan mengirim perintah supaya transmisi stay pada posisi netral. Apabila kondisi seperti ini terus menerus terjadi maka signal engine check instrumental panel dan langkah yang terbaik adalah membawanya ke bengkel resmi yang terpercaya.

3. Tarikan mobil yang berat dan langsung menghentak

Hentakan pada mobil saat sedang berjalan sering sekali terjadi pada transmisi mobil yang bertipe elektrik ini. Kerusakannya biasanya terjadi pada TCM speed sensor atau selenoid pressure yang dapat dilihat di monitor scanner.  Tapi untuk mobil yang bertipe matic biasanya dikarenakan oli yang bocor dan sudah haus atau bahkan kotor sehingga membuat tekanan pada oli tidak mampu lagi untuk mengangkat perpindahan gigi sesuai pada rpm dan berakibat gearbox berpindah diputaran mesin yang tinggi, itulah yang membuat mobil terasa terhentak.

4. Adanya getaran saat mobil sedang berjalan

Meskipun mobil matic tidak mempunyai kopling tidak berati fungsi kopling menjadi hilang dalam mobil matic, bahkan jumlah kanvas dalam mobil yang bertransmisi matic menjadi sangat banyak namun pengoperasiannya dilakukan secara otomatis  agar tidak membuat repot dikaki Anda sebagai pengemudi. Jika mobil Anda terasa getar saat perpindahan gigi itu berarti kondisi kanvas yang sudah gosong.

5. Tuas yang tidak dapat di geser

Mungkin hal ini cukup mengerikan dan membuat Anda sebagai pemilik mobil matic merasa dihantui oleh kecemasan karena membayangkan kerusakan fatal sehingga membutuhkan dana yang lebih untuk memperbaikinya. Tapi ternyata tidak semenakutkan itu, alasannya :

  • Sistem keamanan standar mobil matic tidak mau digeser ketika berada pada posisi P, berati terjadi switch rem yang mana Anda tidak menginjak pedal rem.
  • Kabel yang terdapat pada gearbox yang sudah terkelupas akan berpengaruh pada tuas yang sudah dapat bergerak tapi tidak berpindah posisi. Dampaknya karena kontrol pada lengan selektor gearbox akan mati dan tidak dapat bergerak meski sekeras apapun Anda menggerakkan tuas persneling.

Menggunakan mobil transmisi matic memang lebih praktis serta menyenangkan apalagi Anda yang memiliki keseharian beraktivitas di kota besar dengan kondisi jalanan yang padat dan macet. Meskipun demikian menjaga untuk tetap merasa aman dan nyaman Anda wajib melakukan perawatan secara rutin, karena semudah apapun pengoperasiannya akan lebih mudah jika tetap menjaga serta memperhatikan buku panduan saat mengendarai mobil matic yang benar. Cara memperbaiki gearbox mobil matic di atas akan membantu Anda untuk tetap memperhatikan kondisi mobil.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]