Saat ini mobil merupakan aset yang bisa dibilang sangat umum dimiliki orang. Bahkan, di kota kecil sekalipun, jalanan sudah mulai macet dengan banyaknya pengendara mobil pribadi. Namun sayangnya, para pemilik mobil ini tak jarang yang hanya asik menggunakannya saja tanpa merawatnya dengan baik. Jika merawat atau melakukan pemeriksaan sekalipun, terkadang hanya bagian mesin dan eksterior mobil.

Pada kopling mobil, terdapat sebuah komponen yang akan sangat berpengaruh terhadap transmisi mobil yaitu kampas. Kampas kopling mobil ini merupakan salah satu komponen yang sebenarnya hanya memerlukan pergantian dalam jangka waktu cukup lama.

Namun karena kemudahan atau lamanya waktu untuk mengganti kampas kopling mobil, sering kali membuat para pemilih mobil justru melupakannya. Jika kampas kopling mobil ini sudah terlalu lama tidak diganti, tentu saja akan menjadi rusak yang berakibat pada kerusakan komponen mobil lainnya serta ketidaknyamanan mobil ketika digunakan.

Image result for kampas kopling mobil habis

Padahal sebenarnya, untuk mengetahui kampas kopling mobil rusak sangatlah gampang. Ada beberapa hal yang menjadi tanda atau ciri ketika kampas kopling mobil sudah mulai rusak. Berikut ini tips dan cara mudah ketahui kampas kopling mobil rusak :

1. Akselerasi mesin lemah

kampas kopling mobil adalah komponen yang akan menyalurkan tenaga dari mesin. Dan apabila kampas kopling mobil sampai rusak atau habis, maka tidak akan ada lagi tenaga yang ditransfer dari mesin.

Jika hal ini sampai terjadi, mak akan berpengaruh terhadap top speed, sedangkan mobil harus membutuhkan waktu yang lebih panjang. Misalnya biasanya anda dapat mencapai kecepatan 100 km per jam dalam waktu 10 detik, jika kampas kopling mobil habis maka bisa mencapai waktu 15 detik.

2. Selip Kopling

Untuk ciri atau tanda yang kedua ini sebenarnya bisa saja terjadi bukan hanya karena kampas kopling mobil yang sudah habis, namun juga bisa dikarenakan penggunaan oli yang tidak sesuai dengan karakteristik mobil. Selain itu, selip kopling juga bisa dikarenakan penggunaan mobil yang terlalu lama tanpa berhenti.

3. Perputaran Mesin Tinggi

Jika anda mengendarai mobil dalam kecepatan sedang atau bahkan rendah, namun perputaran mesin begitu tinggi, itu berarti kampas kopling mobil sudah mulai habis. Karena hal ini bisa terjadi dimana akselerasi mesin yang melemah dan menyebabkan kampas mulai licin.

4. Tenaga Mesin Berkurang

Kecepatan mobil atau yang sering kali disebut dengan tenaga mesin juga bisa menjadi ciri dari kampas kopling mobil yang sudah mulai habis. Ketika kampas kopling mobil sudah mulai habis, biasanya tenaga mesin pada mobil tersebut menurun.

Biasanya kecepatan mobil yang merendah ini akan mudah dideteksi pada mobil yang memiliki rpm tinggi. Lamanya kampas kopling mobil habis sendiri akan sangat tergantung dari waktu dan jarak tempuh mobil tersebut. Selain itu, juga bisa disebabkan karena karakteristik pemakaian.

Jika digunakan dalam kondisi normal, biasanya kampas kopling mobil akan habis dengan kisaran jarak tempuh 20 ribu kilometer. Sedangkan untuk faktor karakter pemakaian yang tidak baik, maka kampas bisa saja habis jauh sebelum jarak tempuh mobil mencapai 20 ribu kilometer.

Kami anugerah jaya bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]