Umur kendaraan sangat dipengaruhi oleh gaya berkendara seseorang. Salah satu komponen yang panjang atau pendeknya sangat bergantung dengan karakter mengemudi adalah kopling. Kopling pada kendaraan memiliki fungsi memindahkan daya dari mesin ke roda, tentunya melalui komponen penggerak lain seperti transmisi, gardan, dan as roda. Kendati demikian, keberadaannya tentu penting dan harus terus dijaga oleh pengendara, agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan pada saat berkendara.

Bagi Anda yang merupakan pengendara mobil, mungkin Anda pernah mengalami salah satu masalah, yakni pedal kopling mobil yang menjadi keras dan berat. Biasanya hal ini dialami oleh para pengguna mobil bertransmisi manual. Hal ini tentu akan terasa menyebalkan apabila Anda sedang terjebak macet. Kaki akan terasa pegal karena terus memainkan pedal kopling yang keras tersebut. Tak hanya itu saja, ada juga bahaya lain yang bisa timbul seperti fokus atau konsentrasi yang berkurang akibat mengemudi. Berkendara dengan konsentrasi yang tidak penuh bisa menyebabkan kecelakaan. Tentu hal ini akan sangat membahayakan bukan?

Image result for kopling mobil keras

Cara mengatasi pedal kopling keras bisa anda lakukan dengan cara seperti beriktu ini :

1. Melakukan Pemeriksaan

Hal pertama cara mengatasi pedal kopling keras yang harus dilakukan untuk ialah dengan cara mengecek kondisi sistem transmisi pada mobil Anda. Cari tahu penyebab mengapa kopling Anda menjadi berat dank eras. Beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas dapat menjadi rujukan. Kondisi kopling yang bagus biasanya pergantian tuas transmisi bisa dilakukan dengan mudah atau halus pada saat kopling ditekan penuh. Pada saat kopling dilepas belum sampai setengah, maka mobil dapat bergerak.

Biasanya kopling yang keras maupun berat disebabkan free play yang terlalu kecil karena jarak tekannya yang besar. Tak hanya itu saja, apabila pada release bearing terdapat karat atau kotoran, maka pergerakan komponen akan terganggu. Anda bisa mengatasinya dengan memakai cairan anti karat. Namun apabila karat atau kotoran telah bersih, maka pergerakan release bearing pun tidak akan terganggu lagi.

2. Melakukan Penggantian Part Kopling

Apalagi kopling memang telah usang, sebaiknya Anda segera melakukan penggantian pada part kopling tersebut. Jangan pernah memaksakan untuk tetap menggunakan kopling yang telah rusak. Ingat, keselamatan Anda jauh lebih penting daripada uang bukan? Keausan memang bisa merambat pada komponen lainnya.

3. Melakukan Penggantian Kampas Kopling

selanjutnya cara mengatasi pedal kopling keras yaitu anda bisa melakukan penggantian komponen kampas kopling satu set. Kampas kopling tersebut terdiri dari cover clutch, disk clutch, dan release bearing atau pilot bearing.

4. Memakai Kopling Dengan Bijak

Cara mengatasi pedal kopling keras yang ke dua yaitu perlu Anda ketahui bahwa ketahanan kopling pada mobil memang sangat tergantung pada perilaku penggunanya. Sebaiknya hindari menginjak kopling secara setengah-tengah maupun terlalu keras. Kinerja pada bagian kopling biasanya malah akan terbebani.

5. Memberikan Cairan Pelumas

Cara mengatasi pedal kopling keras juga bisa dengan memberikan cairan pelumas 4WD pada bagian release bearing melalui penututp karet atau but yang ada di tuas penekan kopling.

6. Menginjak Dan Melepas Pedal Kopling Secara Halus

Anda jangan terlalu sering menginjak pedal setengah kopling. Sebaiknya kopling hanya diinjak pada saat mobil akan berhenti atau akan melakukan perpindahan gigi saja.

7. Mengganti Satu Set Kopling

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah dengan cara mengganti satu set kopling. Memang biayanya memang cukup mahal, namun gejala keras pada kopling dipastikan akan hilang.

8. Semprotkan Bahan Anti Karat

Apabila Anda menemukan penyebabnya ialah karena pelumasan yang kurang, sebaiknya semprotkan anti karat pada dudukan luncur melalui karet boot pada for

Kami Anugerah Jaya Bearing distributor Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain terlengkap dan termurah di jakarta. anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi tentang Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain yang hendak anda gunakan.  Jadi tunggu apa lagi ? jika anda membutuhkan berbagai jenis Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain berkualitas maka anugerah jaya bearing merupakan pilihan yang tepat untuk anda, tidak perlu ragu dan khawatir. Lakukan pemesanan sekarang juga melalui jalur telepon atau email yang telah tersedia, semua kebutuhan anda mengenai Coupling, Bearing, Spare Part, Roller Chain.

Namun jika anda masih ragu dalam memilih serta membeli Spare Part anda bisa bertanya sekaligus berkonsultasi mengenai Spare Part yang anda butuhkan silahkan langsung menghubungi Anugerah Jaya Bearing sekarang juga di:

  • Contact Person: Djaja Halim
  • No Handphone: 0818 0661 5757, 0812 1001 3737
  • PIN BB: 292DBD2A
  • E-mail: [email protected]